Selamat datang di Program Studi
Rekayasa perangkat lunak
Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak dirancang untuk mencetak generasi unggul di bidang teknologi perangkat lunak dengan keahlian mencakup pengembangan aplikasi, manajemen proyek perangkat lunak, hingga penguasaan tren terkini seperti kecerdasan buatan.

Fakultas Sains, Teknologi, dan Industri - Institut Teknologi dan Sains Mandala
Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Program Studi RPL sampai saat ini memiliki 2 kurikulum yaitu 2021 untuk angkatan awal (Pengajuan awal prodi) dan Kurikulum 2023 mengacu pada standar internasional seperti ACM/IEEE Computing Curricula dan Digital Game Development Standards. Daftar kurikulum dapat dilihat di Tabel berikut ini.
SEMESTER 1 | ||||
---|---|---|---|---|
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTU1112 | PANCASILA | 2 | |
2 | 22RFTU1122 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 | |
3 | 22RFTR1133 | KALKULUS | 3 | |
4 | 22RFTR1142 | PENGANTAR RPL | 2 | |
5 | 22RFTR1153 | ALGORITMA & PEMROGRAMAN | 3 | |
6 | 22RFTR1163 | BAHASA INGGRIS 1 | 3 | |
7 | 22RFTR1173 | STRUKTUR DATA | 3 | |
8 | 22RFTN1182 | Bahasa Indonesia | 2 | |
20 | ||||
SEMESTER 2 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTR2212 | Logika Matematika | 2 | |
2 | 22RFTR2223 | Matematika Diskrit | 3 | KALKULUS |
3 | 22RFTR2233 | Design Thinking | 3 | |
4 | 22RFTU2242 | Kewarganegaraan | 2 | |
5 | 22RFTR2253 | Requirement Engineering | 3 | |
6 | 22RFTR2263 | Object Oriented Programming | 3 | ALGORITMA & PEMROGRAMAN |
7 | 22RFTR2273 | Struktur Data II | 3 | STRUKTUR DATA |
8 | 22RFTU2281 | Pendidikan Karakter | 1 | |
20 | ||||
SEMESTER 3 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTR1313 | Arsitektur Komputer | 3 | |
2 | 22RFTR1323 | Algoritma Pemrograman II | 3 | Object Oriented Programming |
3 | 22RFTR1333 | Statistik | 3 | Matematika Diskrit |
4 | 22RFTR1343 | Pemrograman SQL | 3 | |
5 | 22RFTR1353 | Object Oriented Design | 3 | Requirement Engineering |
6 | 22RFTR1363 | Pengantar Manajemen | 3 | |
8 | Matakuliah Pilihan | 3 | ||
Mata Kuliah Pilihan | ||||
1 | 22RFTP1373 | Data Science (Pilihan) | 3 | |
2 | 22RFTP1383 | Game Development (Pilihan) | 3 | |
21 | ||||
SEMESTER 4 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTR2413 | Jaringan Komputer (Lab) | 3 | Arsitektur Komputer |
2 | 22RFTR2423 | Pemrograman Website (Lab) | 3 | Pemrograman SQL |
3 | 22RFTU2431 | Rekayasa Perangkat Lunak (Lab) | 3 | |
4 | 22RFTU2442 | Analisis Perancangan Sistem (Lab) | 3 | |
5 | 22RFTR2453 | Enterprise | 3 | Object Oriented Design |
6 | 22RFTR2463 | Workshop Manajemen SDM | 3 | Pengantar Manahemen |
8 | 22RFTR2473 | Matakuliah Pilihan | 3 | |
Mata Kuliah Pilihan | ||||
1 | 22RFTP2483 | Artificial Intelligence (Pilihan) | 3 | Data Science (Pilihan) |
2 | 22RFTP2493 | Game Industry (Pilihan) | 3 | Game Development (Pilihan) |
21 | ||||
SEMESTER 5 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTU1521 | KKL | 1 | |
2 | 22RFTR1533 | Strategi Pemasaran | 3 | Enterprise |
3 | 22RFTR1543 | Sistem Operasi | 3 | |
4 | 22RFTR1552 | Human Computer Interaction | 2 | |
5 | 22RFTR1563 | Technoprenuership | 3 | |
6 | 22RFTR1573 | Software Quality Manajemen | 3 | |
7 | 22RFTR1583 | Etika Profesi | 3 | |
8 | 22RFTR1593 | Manajemen Proyek IT | 3 | |
21 | ||||
SEMESTER 6 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTR2613 | Keamanan Sistem Informasi | 3 | Jaringan Komputer |
2 | 22RFTR2623 | Pemrograman Mobile | 3 | Pemrograman Website |
3 | 22RFTR2633 | Pemrograman Visual | 3 | Pemrograman Website |
4 | 22RFTR2643 | Testing anda Quality Assurance | 3 | |
5 | 22RFTR2653 | Workshop Pemasaran Digital | 3 | Workshop Manajemen SDM |
6 | 22RFTR2663 | Matakuliah Pilihan | 3 | |
Mata Kuliha Pilihan | ||||
1 | 22RFTP2673 | Pemrograman Citra Digital | 3 | Artificial Intellegence (Pilihan) |
2 | 22RFTP2683 | Project Game 2D | 3 | Game Industry (Pilihan) |
18 | ||||
SEMESTER 7 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTR1723 | KKN | 3 | |
2 | 22RFTR1733 | Supply Chain Management | 3 | |
3 | 22RFTU1743 | Metode Penelitian | 3 | |
4 | 22RFTR1753 | Sistem Pengambil Keputusan | 3 | |
5 | 22RFTR1763 | Kriptografi | 3 | Keamanan Sistem Informasi |
6 | Matakuliah Pilihan | 3 | ||
Mata Kuliah Pilihan | ||||
1 | 22RFTP1773 | Business Intelligence | 3 | Pemrograman Citra Digital |
2 | 22RFTP1783 | Project Game 3D | 3 | Project Game 2D |
18 | ||||
SEMESTER 8 | ||||
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 22RFTU2816 | Skripsi | 6 | Metodologi Penelitian |
6 | ||||
Jumlah SKS | 145 | |||
Matakuliah OBE | 1,5 + 1,5 | Teori + Praktikum | ||
Matakuliah Institusi |
SEMESTER 1 | ||||
---|---|---|---|---|
NO | Kode MK | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat |
1 | 23RFTN1112 | Bahasa Indonesia | 2 | |
2 | 23RFTU1123 | Bahasa Inggris | 3 | |
3 | 23RFTR1133 | Algoritma Pemrograman I | 3 | |
4 | 23RFTR1143 | Metode Numerik | 3 | |
5 | 23RFTR1153 | Basis Data dan Relasisasi | 3 | |
6 | 23RFTR1163 | Requirement Engineering | 3 | |
7 | 23RFTR1173 | Pengantar RPL | 3 | |
20 | ||||
SEMESTER 2 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | 23RFTR2213 | Algoritma Pemrograman II | 3 | Algoritma Pemrograman I |
2 | 23RFTR2223 | Struktur Data | 3 | Basis Data dan Relasisasi |
3 | 23RFTR2233 | Matematika Diskrit | 3 | Metode Numerik |
4 | 23RFTR2243 | Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | Pengantar RPL |
5 | 23RFTR2253 | Pengantar Ekonomi | 3 | |
6 | 23RFTR2263 | Sistem Operasi | 3 | |
7 | 23RFTU2272 | Agama | 2 | |
20 | ||||
SEMESTER 3 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | 23RFTR1313 | Arsitektur Komputer | 3 | Sistem Operasi |
2 | 23RFTR1323 | Object Oriented Programming | 3 | Algoritma Pemrograman II |
3 | 23RFTR1333 | Statistik | 3 | Matematika Diskrit |
4 | 23RFTR1343 | Pemrograman SQL | 3 | |
5 | 23RFTR1353 | Object Oriented Design | 3 | |
6 | 23RFTR1363 | Pengantar Manajemen | 3 | Pengantar Ekonomi |
8 | Matakuliah Pilihan | 3 | ||
Mata Kuliah Pilihan | ||||
1 | 23RFTP1373 | Data Science (Pilihan) | 3 | |
2 | 23RFTP1383 | Game Development (Pilihan) | 3 | |
21 | ||||
SEMESTER 4 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | 23RFTR2413 | Jaringan Komputer | 3 | Arsitektur Komputer |
2 | 23RFTR2423 | Pemrograman Website | 3 | Pemrograman SQL |
3 | 23RFTU2431 | Pendidikan Karakter | 1 | |
4 | 23RFTU2442 | Kewarganegaraan | 2 | |
5 | 23RFTR2453 | Analisis Perancangan Sistem | 3 | Object Oriented Design |
6 | 23RFTR2463 | Enterprise | 3 | |
7 | 23RFTR2473 | Workshop Manajemen SDM | 3 | Pengantar Manajemen |
8 | Matakuliah Pilihan | 3 | ||
Mata Kuliah Pilihan | ||||
1 | 23RFTP2483 | Artificial Intelligence (Pilihan) | 3 | Data Science (Pilihan) |
2 | 23RFTP2493 | Game Industry (Pilihan) | 3 | Game Development (Pilihan) |
21 | ||||
SEMESTER 5 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | KKL | 1 | ||
2 | 23RFTR1523 | Strategi Pemasaran | 3 | Enterprise |
3 | 23RFTU1532 | Pancasila | 2 | |
4 | 23RFTR1543 | Human Computer Interaction | 3 | |
5 | 23RFTR1553 | Technoprenuership | 3 | |
6 | 23RFTR1563 | Software Quality Manajemen | 3 | |
7 | 23RFTR1573 | Etika Profesi | 3 | |
8 | 23RFTR1583 | Manajemen Proyek IT | 3 | |
21 | ||||
SEMESTER 6 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | 23RFTR2613 | Keamanan Sistem Informasi | 3 | Jaringan Komputer |
2 | 23RFTR2623 | Pemrograman Mobile | 3 | Pemrograman Website |
3 | 23RFTR2633 | Pemrograman Visual | 3 | Pemrograman Website |
4 | 23RFTR2643 | Testing anda Quality Assurance | 3 | |
5 | 23RFTR2653 | Proyek Inovasi Bisnis Digital | 3 | Workshop Manajemen SDM |
6 | 23RFTR2663 | Matakuliah Pilihan | 3 | |
Mata Kuliha Pilihan | ||||
1 | 23RFTP2673 | Pemrograman Citra Digital | 3 | Artificial Intellegence (Pilihan) |
2 | 23RFTP2683 | Project Game 2D | 3 | Game Industry (Pilihan) |
18 | ||||
SEMESTER 7 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | KKN | 3 | ||
2 | 23RFTR1723 | Supply Chain Management | 3 | |
3 | 23RFTU1733 | Metode Penelitian | 3 | |
4 | 23RFTR1743 | Sistem Pengambil Keputusan | 3 | |
5 | 23RFTR1753 | Kriptografi | 3 | Keamanan Sistem Informasi |
6 | 23RFTR1763 | Matakuliah Pilihan | 3 | |
Mata Kuliah Pilihan | ||||
1 | 23RFTP1773 | Business Intelligence | 3 | Pemrograman Citra Digital |
2 | 23RFTP1783 | Project Game 3D | 3 | Project Game 2D |
18 | ||||
SEMESTER 8 | ||||
NO | MATA KULIAH | SKS | MK. Prasyarat | |
1 | 23RFTU2816 | Skripsi | 6 | Metodologi Penelitian |
6 | ||||
Jumlah SKS | 145 | |||
Matakuliah OBE | 1,5 + 1,5 | Teori + Praktikum | ||
Matakuliah Institusi | ||||